Selamat Datang

bppBadan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri merupakan salah satu komponen dalam lingkup Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan meningkatkan kualitas perancangan dan penerapan kebijakan-kebijakan Kemdagri. Pelaksana program ini adalah Badan Penelitian dan Pengembangan. terbentuknya Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) tidaklah lepas dari terbentuknya Kementerian Dalam Negeri itu sendiri. Adapun sejarah terbentuknya Kementerian Dalam Negeri sebagai berikut.

Sejarah Kementrian Dalam Negeri

Kementerian Dalam Negeri disingkat Kemendagri (dahulu Departemen Dalam Negeri, disingkat Depdagri) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan dalam negeri. Kementerian Dalam Negeri dipimpin oleh seorang Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Kementerian Dalam Negeri merupakan salah satu dari tiga kementerian (bersama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan) yang disebutkan secara eksplisit dalam UUD 1945. Kementerian Dalam Negeri tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh presiden.

Menteri Dalam Negeri secara bersama-sama dengan Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan bertindak sebagai pelaksana tugas kepresidenan jika Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan.

 Selengkapnya…

Statistik Pegawai

Menurut Kelompok Jabatan Menurut Kelompok Kelembagaan
Struktural 61 Orang Eselon I 1 Orang
Fungsional 32 Orang Eselon II 5 Orang
Fungsional Umum 62 Orang Eselon III  15 Orang
Peneliti updating… Eselon IV  39 Orang

Selengkapnya…

banner1 banner2 banner3

Dengan Semangat Reformasi Birokrasi Kita Wujudkan Perubahan Mendasar Terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Baik

no korupsi